Setiya21's Blog

Just another WordPress.com weblog

VIRTUAL OFFICE

Teknologi Perkantoran Modern

PERKANTORAN MAYA (VIRTUAL OFFICE)

  1. Apa itu Perkantoran Maya?

Perkantoran maya (virtual office) pada dasarnya suatu bentuk perkantoran yang tanpa kasat mata alias maya yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan sebagaimana perkantoran yang berbentuk fisik. Bagaimana seorang pegawai atau karyawan harus melakukan tugas-tugas kesehariannya darimana saja, kapan saja dan bagi siapa saja dan tidak harus nongkrong seharian di kantornya; bagaimana seorang manajer melakukan  koordinasi dan komunikasi (briefing atau meeting) dengan para pegawainya (tersebar di berbagai belahan dunia mana saja) dapat dilakukan dengan memanfaat dunia maya sebagai medianya.

http://liaedu.wordpress.com/sim-dari-berbagai-aspek/

  1. Apa Alasan Adanya Gagasan Perkantoran Maya?

Otomatisasi berawal dari lingkungan pabrik yang kemudian berkembang ke lingkungan perkantoran yang dikenal dengan Office Automation.

Awalnya, Office Automation dimaksudkan untuk membantu pekerja sekretariat dan administratif (clerical), tetapi kemampuannya untuk memudahkan komunikasi formal dan informasi dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai. Semua pemakai Office Automation ini menggunakannya untuk meningkatkan produktifitas mereka.

Kantor Maya muncul karena perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk berpindah-pindah atau  mobile sehingga pemanfaatan telekomunikasi khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprosesing tumbuh pesat.Hal‐hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di kota‐kota besar mendorong tumbuhnya Kantor Maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun. Syaratnya hanya harus terhubung dalam komunikasi elektronik. Untuk keperluan ini banyak perusahaan maupun portal di internet menyediakan jasa kantor maya.

http://indrasufian.web.id/?p=31

http://tech.groups.yahoo.com/group/warnet2000/message/2102

  1. Bagaimana Cara Membuat Perkantoran Maya?

Strategi Implementasi yang digunakan:

1)      Sediakan sumber daya komputer

2)      Sediakan sumber daya ke akses informasi

3)      Sediakan perlengkapan non komputer

4)      Gunakan konferensi telepon atau video

5)      Jadualkan pertemuan rutin

6)      Lakukan rutinitas kerja

Kelima strategi   yaang pertama adalah tanggung jawab perusahaan.Srategi yang erakhir adalah tanggung jawab pegawai.

http://indrasufian.blogspot.com/2007/09/kantor-maya-office-automation.html

  1. Apa Keuntungan dan Kerugian Perkantoran Maya?

Keuntungan yang dapat diambil bila menggunakan kantor maya antara lain:

v     Mengurangi biaya penyediaan fasilitas, dalam hal ini adalah fasilitas kantor seperti ruang, furniture, AC dan lain‐lain. Ruang kantor nantinya dapat hanya sebuah ruang tamu kecil, untuk sekali‐sekali orang bertatap muka.

v     Mengurangi biaya penyediaan peralatan, peralatan kantor dapat dikurangi jumlahnya seiring dengan sedikitnya kebutuhan tenaga kerja administratif.

v     Mempunyai saluran komunikasi formal. Dengan terhubung dalam saluran komunikasi formal maka seluruh relasi usaha, rekan bisnis maupun konsumen, dapat berhubungan dengan perusahaan setiap saat tanpa terputus.

v     Mengurangi pekerjaan‐pekerjaan yang tertunda. Kantor maya tidak mengenal jam kerja maupun lembur, seluruh waktu yang ada adalah jam kerja, sehingga sebuah pekerjaan tidak harus dihentikan karena jam kerja telah selesai.

v     Mendukung kegiatan sosial, orang‐orang yang tidak dapat meninggalkan rumah menjadi bisa bekerja dengan tidak harus pergi ke kantor.

Kerugian penggunaan kantor maya bagi para pegawainya antara lain:

v     Kurang mempunyai rasa memiliki terhadap perusahaan, hal ini dapat muncul karena kegiatan sosial seperti tatap muka dan sambung rasa antara pimpinan dan bawahan jarang dilakukan.

v     Ketakutan kehilangan pekerjaan, banyak pekerjaan yang dilakukan oleh komputer maupun perusahaan penyedia layanan kantor maya, sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan menjadi berkurang.

v     Moral pekerja yang rendah, ini terkait dengan adanya kecenderungan sementara orang untuk berbuat tidak baik apabila tidak langsung bertatap muka (lempar batu sembunyi tangan). Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan kontrol yang ketat pada pengamanan sistem komputer.

v     Tekanan keluarga, hal ini muncul bila pekerjaan kantor dilakukan di rumah. Kegiatan‐kegiatan dalam keluarga kadang menyita lebih banyak perhatian daripada beban kerja kantor.

http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/Komputerisasi%20Perkantoran/03-Teknologi%20Perkantoran%20Modern.pdf

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: